Survei CSIS: 3 Tahun Menjabat, Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Mengalami Peningkatan Signifikan.


GerbangNTT.Com, JAKARTA-Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei 3 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang telah dipresentasikan pada Sabtu, 9 September 2017 lalu.

Dalam hasil survey terkait kenaikan elektoral dan kepuasan publik terlihat tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Jokowi naik setiap tahunnya.

Pada tahun 2015, tingkat kepuasan masyarakat hanya 50,6% kemudian naik secara signifikan di tahun 2016 yang mencapai 66.5%. Meski di tahun 2017 ini kenaikannya tidak cukup mencolok dibanding kenaikan antara 2015 ke 2016, namun ini menunjukkan pertumbuhan yang positif dengan tingkat kepuasan sebesar 68.3%.

Tingkat kepuasan di tiga bidang utama yakni bidang ekonomi, hukum dan Maritim masing-masing mengalami peningkatan. Dan kepuasan di bidang maritim mengalami kenaikan cukup signifikan dalam tahun ke tahun. Dimana tahun ini mencapai 75.5%.

Ini juga terlihat dari statistik optimisme publik di bidang maritim juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Kenaikan yang cukup signifikan terjadi di bidang pembangunan infrastruktur maritim di antaranya tol laut, pelabuhan dan lain-lain.

Sementara itu untuk tingkat optimisme terhadap kemampuan pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan infrastruktur juga menunjukkan hal yang positif yakni cukup puas. Yang masing-masing berada di angka 63.7% dan 70,2%. Dan secara keseluruhan, Nilai Mean kepemimpinan Jokowi dari 1 sampai 5 adalah 4.58 yang artinya demokratis.
 (Sumber: www.okezone.com)
Lebih baru Lebih lama