HUT TNI ke 72: Pameran Alutsista Sebagai Bentuk Laporan Pertanggungjawaban Untuk Rakyat.


GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Pada peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 72 tahun 2017 ini dilaksanakan dengan menampilakan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI .

Hal ini sebagai laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku panglima tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI termasuk yang terbaru performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1605/Belu saat memimpin upacara HUT TNI ke-72 di Lapangan Simpang Lima Atambua, Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste, Kamis (05/10/2017).

Dalam amanat Panglima Nurmantyo dijelaskan, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan yang sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.

Masih dalam amanat tertulisnya, Panglima berharap, semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI.

“Semoga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI,” pintanya.

Terpisah, usai upacara, Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan saat membuka dengan resmi pameran Alutsista oleh TNI-Polri di Kabupaten Belu yang akan berlangsung selama sepuluh hari di Lapangan Umum Atambua tersebut mengemukakan, pameran Alutsista ini merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI sebagai institusi untuk menjalankan tugas dalam menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa ini.

"Ini bentuk dan bukti kesiapan TNI untuk menjaga kedaulatan bangsa ini," ujar Wakil Bupati.

Kesiapan TNI, tambah Mantan Sekda Belu itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia khususnya masyarakat Belu sebagai masyarakat yang ada di perbatasan.

"Kita bangga, TNI siap, rakyat siap menghadapi tantangan apapun yang mau merongrong kewibawaan dan kedaulatan bangsa ini. Pemerintah dan rakyat Belu akan selalu mendukung TNI," tandas Wabup Ose Luan.

Turut hadir dalam upacara HUT TNI tersebut, Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/Wt, Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan, Wakil Ketua I DPRD Belu, Bene Halek, Para Pimpinan OPD Belu, Kasdim 1605/Belu, Wakapolres Belu, Para Danramil 1605/Belu, Para Perwira Staf Kodim 1605/Belu, Para Perwira staf Polres, Tokoh Agama, Para Anggota Veteran, Persit Candra Kirana dan undangan lainnya.[MP]
Lebih baru Lebih lama