Bangun Pemahaman tentang Keberagaman, HMI Cabang Kupang Akan Gelar Seminar Sehari.



GerbangNTT.Com, KUPANG - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang akan menggelar seminar keberagaman bertajuk “Sehati Merajut Perbedaan Menuju Cita-Cita Bersama”.

Seminar tersebut bertujuan untuk membangun pemahaman sejauh mana masyarakat bisa mengerti tentang keanekaragaman.

"Perlu adanya pemahaman keanekaragaman suku, budaya, ras, dan agama yang lebih inklusif pluralis, multicultural, humanis dan dialogis-persuasif melalui pendidikan. Untuk itu, kita akan menggelar seminar tentang bagaimana kita merajut perbedaan yang ada,” kata Ketua HMI Cabang Kupang, Munawir La Amin kepada Media ini di Kupang, Timor Barat, Jumat (29/09/2017).

Dijelaskan Munawir, ancaman bisa saja muncul di masyarakat seperti minimnya toleransi, inklusivisme dan berbagai jenis fundamentalisme yang dapat merusak hubungan persatuan sesama anak bangsa.

“Pendidikan multikulturalisme merupakan pendidikan yang sangat cocok bagi masyarakat kita pada saat ini, karna multikulturalisme adalah cermin dari Negara kita Indonesia yang bisa di jadikan sebuah pemahaman baru tentang kerukunan beragama dan berbangsa,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Munawir, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai organisasi mahasiswa terbesar yang lahir diantara kondisi keumatan dan kebangsaan yang telah mengalami proses sejarah panjang serta tantangannya dalam menghadapi segala problematika umat dan bangsa akan menggelar kegiatan ini dengan harapan dapat mempertajam visi intelektual masyarakat termasuk generasi bangsa dalam analisa masalah social yang ada.

“Dari kondisi ini sudah menjadi keharusan bagi HMI untuk tetap bisa menjalankan proses pemahaman tentang indahnya toleransi untuk kemaslahatan umat dan bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Timwork Seminar Keberagaman, Kasrudin Panggo menambhakan, kegiatan seminar keberagaman ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, (30/09/2017) di Aula Hotel Maya Kupang dan akan menghadirkan narasumber dari masing-masing instansi yakni Akademisi, Boli Tonda Baso, M.Si (Dosen Fisip Undana), Tokoh Agama, Pdt. Jahja Millu dan Komunitas Peace Maker Kupang (Kompak), Zarniel Woleka, SH.

 “Iya, narasumber dari Akademisi, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan target peserta yang akan hadir 100 orang,” pintanya.
 [MP]
Lebih baru Lebih lama