Hari Kartini dan Legislatif Perempuan ini Saat Wabah Covid-19 di Tapal Batas

Atambua, GerbangNTT. Com - Hari Kartini yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 April, kali ini tidak terlihat semaraknya. 

Hal ini lantaran merebaknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mendunia termasuk di Indonesia. 

Namun, semangat Kartini terus membara dalam diri kaum wanita Indonesia terutama kaum wanita Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Perbatasan RI-Timor Leste.

Sosok semangat Kartini di masa pandemi ini tampak dari diri salah satu anggota legislatif perempuan Kabupaten Belu, Januaria A. Walde Berek.
Di saat wabah corona atau Covid-19 sedang melanda, peran politisi muda perempuan asal Partai Gerindra yang juga menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua DPRD Belu periode lalu (2014-2019) ini menjadi semakin tampak nyata.

Walde begitu akrab dikenal seolah menegaskan identitas kaum gender dalam memghadapi dan menyikapi situasi apa pun.

Disaksikan media ini, Selasa (21/04/2020) bertepatan dengan peringatan hari Kartini, Walde yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Gerindra DPRD Belu ini memilih turun ke jalan dan mengajak masyarakat dari rumah ke rumah untuk sama-sama mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.
Upaya antisipasi dan pencegahan yang dilakukan adalah membekali diri dengan membagi secara gratis Alat Pelindung Diri (APD) kepada masyarakat di beberapa titik se-Kecamatan Raimanuk.

"Momentum hari Kartini di tengah wabah Covid-19 ini, sebagai tindak lanjut amanah R.A Kartini, kami mencoba berupaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan membagikan masker secara gratis sebagai salah satu APD," ungkap Walde.

Ia juga nampak mengajak masyarakat dengan mensosialisasikan bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19.

"Kita juga membagikan ember cuci tangan dan mengajak warga untuk menjaga pola hidup bersih," ujarnya.
Selain itu, anggota DPRD Belu tiga periode itu juga mendukung aktivitas dan kesiagaan petugas di beberapa posko pemantauan dan pencegahan di wilayah tersebut.

"Kepada saudara-saudara kita yang saat ini bersiaga di posko, kami mendukung dengan memberikan susu, telur dan kacang hijau sehingga mereka tetap sehat dalam menjalankan tugas berat ini," kata Walde.

Politisi muda ini benar-benar menunjukan dedikasinya yang tinggi ditengah wabah Covid-19.

Ia berharap kondisi ini cepat berlalu dengan upaya dan peran semua pihak terutama masyarakat untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah dengan tetap dirumah, jaga jarak dan hindari kerumunan.

[No/G-Ntt]
Lebih baru Lebih lama