LIPI Gandeng Anggota DPR RI Ferry Kase Salurkan 5.000 Anakan Pohon




Atambua,GerbangNTT.com-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggandeng Anggota Komisi VII DPR RI Ferry Kase menyalurkan bantuan 5.000 anakan pohon bagi warga Desa Baudaok, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu.

Bantuan bibit tersebut ditanam secara simbolis
oleh Anggota Komisi VII DPR RI Ferry Kase, Wakil Pimpinan LIPI Agus Suhatman, Anggota DPRD Belu Paulus Samara dan PJ Kades Baudaok Agustinus Kali di lahan Desa Baudaok, Mahein, Jumat (26/10/2018).

Adapun jenis bibit tanaman yang dibantu antara lain, bibit tanaman mangga simanalagi sebanyak 1.030, bibit eucalyptus sebanyak 970 dan bibit jati platinum sebanyak 3.000 anakan.

Menurut Ferry Kase, bantuan bibit tanaman yang diserahkan kepada warga Desa Baudaok berkat perjuangan teknologi. Dimana beberapa waktu lalu postingan Pak Paulus di FB bahwa terjadi erosi di salah satu sumber mata air.

"Saya melihat ada peluang kemudian berkoordinasi dengan LIPI dan datangkan bantuan bibit untuk reboisasi di Baudaok
agar mata air tidak terganggu," ujar dia.

Ada tiga jenis anakan pohon yakni, eucalyptus dimana dahannya bisa untuk pakan, mangga simanalagi dan jati platinum yang mana berjumlah 5.000 bibit.

"Bibit tanaman ini selain ditanam di sumber air yang ada sehingga tetap terjaga. Selain itu juga bisa ditanam di halaman atau lahan kosong milik warga," ujar dia.

Ferry berharap, warga Desa Baudaok dapat manfaatkan bibit tanamam bantuan LIPI ini secara baik. Karena nantinya, apabila berhasil banyak prodak LIPI yang bisa dimanfaatkan warga Baudaok.

Sementara itu Wakil Pimpinan LIPI Agus Suhatman menuturkan, kehadiran LIPI di Desa Baudaok memberikan bantuan bibit tanaman juga  dalam rangka penanaman anakan pohonnya.

"Ini yang kami lalukan. Kami berikan apa yang dibutuhkan warga dan kami lakukan penghijauan di lahan Desa serta sumber mata air yang ada di wilayah Baudaok," ujar dia.

Selain melakukan penghijauan juga pihaknya melakukan penelitian di Desa Baudaok. Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari pohon putih kayu yang bisa dijual dan daunnya bisa di manfaatkan untuk pakan ternak.

"Nilai jual jati sangat tinggi kualitas baik. Kalau bisa warga yang menerima bantuan ini bisa dirawat dengan baik untuk kebutuhan kedepannya," ucap Agus.

PJ Kades Baudaok, Agustinus Kali menyampaikan terimakasih kepada LIPI dan Anggota Komisi VII DPR RI Ferry Kase yang telah membantu bibit tanaman pada warga.

"Kita fokuskan penanaman di empat sumber mata air yang ada sehingga tetap terjaga sumbernya. Nantinya anakan pohon akan dibagikan ke warga Desa untuk ditanam dan dirawat," akhir Kali.
Lebih baru Lebih lama