Bendera Raksasa Dibentangkan di Bukit Tapal Batas

GerbangNTT. Com, ATAMBUA - Bendera Merah Putih raksasa tampak gagah dibentangkan di tebing bukit Sarabon, Dusun Mota'ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat, Kamis (16/08/2018) siang.

Bendera raksasa tersebut dibentangkan di tebing bukit di wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste dalam memperingati HUT ke-73 RI.

Selain membentangkan bendera raksasa di tebing bukit Mota'ain, kegiatan yang diprakarsai Polres Belu bekerjasama dengan TNI, Pemda Belu dan jajaran Forkopimda Belu juga membentangkan bendera dengan ukuran 2.200 meter mengitari Bundaran Mota'ain persis di pintu masuk PLBN Mota'ain.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing disela kegiatan kepada wartawan mengatakan pembentangan bendera Merah Putih raksasa dilakukan sebagai wujud antusiasme prajurit baik Polri maupun TNI dan masyarakat perbatasan dalam menyambut HUT ke-73 RI tahun 2018.

Dikatakan Kapolres Tobing, pembentangan bendera ini juga sebagai ekspresi kecintaan warga perbatasan terhadap NKRI.

"Dengan dibentangkan bendera raksasa ini dapat menginspirasi dan menumbuhkan rasa semangat nasionalisme di tengah masyarakat perbatasan," ujar Tobing.
 Dijelaskan Tobing, dalam konteks membangun daerah perbatasan tentu sinergitas TNI, Polri dan seluruh stakeholder terutama peran masyarakat sangat dibutuhkan kerjasama seperti di hari bersejarah (HUT Kemerdekaan) ini dapat merefleksi bersama untuk tetap menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan.

"Kegiatan ini juga sebagai wujud refleksi agar semakin tinggi rasa semangat nasionalisme terutama semangat persatuan kita untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan," kata Kapolres.

Sebelumnya tambah Tobing sebagai bentuk sinergitas dalam menyambut HUT ke-73 RI pihaknya juga melakukan patroli Merah Putih di sepanjang garis perbatasan yang merupakan gabungan prajurit Polri, TNI, Forkopimda dan elemen masyarakat lainnya yang ada di daerah perbatasan.

"Sekali lagi output yang diharapkan dari semua rangkaian ini adalah kita semakin memeliki semangat nasionaliame dan persatuan untuk menjaga NKRI karena NKRI Harga Mati," pungkasnya.

Bupati Belu, Willybrodus Lay menuturkan pembentangan bendera raksasa dan terpanjang di perbatasan RI-RDTL tersebut dilakukan pertama kali dan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73.

Lay mengapresiasi ide yang dilakukan oleh Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing terkait kegiatan dimaksud.

"Inisiatif dan ide ini sangat brilian yang dilakukan di daerah perbatasan ini. Dari tepian negeri untuk Indonesia," pungkas Bupati Lay

Turit hadir dalam kegiatan itu Sekda Belu, pimpinan Forkopimda Plus, tokoh Agama, tokoh masyarakat, Mahasiswa serta pelajar di wilayah tersebut.

[g-ntt/mp]
Lebih baru Lebih lama